Pembukaan Program Pascasarjana di STAI Nurul Falah: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Lanjutan di Kabupaten Indragiri Hulu

Indragiri Hulu, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, kini mencatatkan sejarah baru dalam bidang pendidikan tinggi. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Falah telah resmi membuka program pascasarjana, sebuah langkah yang sangat dinanti oleh masyarakat dan dunia akademik setempat. Pembukaan ini merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyediakan kesempatan bagi para sarjana di daerah ini untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus pergi ke kota-kota besar.

 

Latar Belakang Pembukaan Program Pascasarjana

Kabupaten Indragiri Hulu selama ini belum memiliki institusi yang menyediakan program pendidikan pascasarjana. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan sarjana yang ingin melanjutkan studi mereka. Sebagian besar dari mereka harus merantau ke daerah lain yang memiliki universitas atau institut dengan program pascasarjana yang memadai. Kondisi ini tidak hanya menambah beban finansial, tetapi juga membuat banyak talenta lokal meninggalkan daerah mereka untuk mencari peluang pendidikan di tempat lain.

Menyadari kebutuhan tersebut, STAI Nurul Falah mengambil langkah proaktif untuk mengembangkan institusinya dengan membuka program pascasarjana. Langkah ini sejalan dengan visi STAI Nurul Falah untuk menjadi pusat pendidikan yang unggul dalam bidang agama Islam dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Rabu 5 Juni  2024 STAI Nurul Falah STAI Nurul Falah Airmolek dalam rangka pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam menerima kunjunngan Asesment La[angan dari  Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Dr. Lukman Nugraha, M.Si   didampingi Prof. Imam Fuadi dan Prof. Aljauharotin Alfin Sebagai Asesor pada kegiatan visitasi ini,

Prof. Imam Fuadi menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya STAI Nurul Falah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui pembukaan program studi baru ini. Beliau menekankan pentingnya kualitas kurikulum dan kompetensi pengajar dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan di masyarakat.

 

Sementara itu, Prof. Aljauharotin Alfin menyoroti aspek akreditasi dan pentingnya standar pendidikan yang tinggi. Beliau berharap program studi ini dapat memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dan dapat segera menerima mahasiswa baru.

Ketua STAI Nurul Falah, Dr. Mariatul Hikmah dalam sambutannya, menyatakan komitmen penuh institusi dalam mendukung setiap proses asesmen dan peningkatan mutu pendidikan. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan bimbingan dari Diktis serta para asesor. Sebagai calon direktur Pascasarjana, Dr. Wiwied Widiyanti, M.Pd memaparkan keunggulan dan kekhasan prodinya yg akan berkontribusi dalam menciptakan magister yang melek teknologi

Program Pascasarjana yang Ditawarkan

Pada tahap awal, STAI Nurul Falah menawarkan program magister Pendidikan Agama Islam .Pemilihan bidang studi ini didasarkan pada analisis kebutuhan lokal dan potensi pengembangan sumber daya masyarakat di Indragiri Hulu, dimana banyak sekali guru-guru Pendidikan Agama Islam yang belum melanjutkan pendidikan kejenjang S2 karena terkendala jauhnya jarak tempuh antara tempat tinggal dengan perguruan tinggi  yang menyediakan program pasca sarjana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Fasilitas dan Tenaga Pengajar

Untuk mendukung kegiatan akademik, STAI Nurul Falah telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai. Kampus ini dilengkapi dengan ruang kelas yang modern yang mendukung digitalisasi, perpustakaan dengan koleksi literatur yang lengkap, dan akses internet yang memadai menunjang proses pembelajaran yang interaktif dan efektif.

Tenaga pengajar di program pascasarjana STAI Nurul Falah terdiri dari dosen-dosen yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya. Sebagian dari mereka adalah doktor dan profesor yang telah diakui di tingkat nasional maupun internasional. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan bimbingan dan inspirasi kepada para mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan akademik dan profesional mereka.

Dampak Terhadap Masyarakat dan Pembangunan Daerah

Pembukaan program pascasarjana di STAI Nurul Falah tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi para mahasiswa, tetapi juga berdampak positif terhadap masyarakat dan pembangunan daerah. Dengan adanya program ini, diharapkan akan lahir lulusan-lulusan Pendidikan Agama Islam  yang memiliki kompetensi tinggi dan siap berkontribusi dalam dunia pendidikan dan keagamaan. Selain itu, keberadaan program pascasarjana juga dapat menarik minat masyarakat dari daerah lain untuk datang dan belajar di STAI Nurul Falah.

Meskipun pembukaan program pascasarjana ini merupakan langkah yang sangat positif, masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh STAI Nurul Falah. Salah satunya adalah memastikan kualitas pendidikan yang tinggi dan terus berkembang sesuai dengan standar nasional dan internasional. Selain itu, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan program ini.

STAI Nurul Falah juga berencana untuk terus mengembangkan program-program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dengan demikian, diharapkan STAI Nurul Falah dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang berilmu, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan global.

Pembukaan program pascasarjana ini merupakan tonggak sejarah penting bagi STAI Nurul Falah dan Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, diharapkan langkah ini akan membawa perubahan positif yang signifikan bagi dunia pendidikan dan pembangunan di daerah ini.